gaming joystick terbaik untuk Smartphone periode 2023

Game di smartphone adalah bisnis yang serius sekarang. Judul terbesar di luar sana adalah game seperti Fortnite dan Genshin Impact, dibantu oleh banyak anak yang mendapatkan smartphone pertama mereka. Banyak penerbit game menghadirkan pengalaman berkualitas konsol di perangkat seluler, dan perlu waktu untuk mengejar ketertinggalan aksesori game. Tapi mereka punya, dan sekarang gamer seluler memiliki sejumlah opsi pengontrol yang sesuai dengan gaya bermain mereka. Kami telah mengurutkan opsi utama untuk menyoroti pro dan kontra dari setiap joystick, sehingga Anda dapat memutuskan mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda.

Untuk pemain yang lebih suka pengontrol gaya PlayStation: 8BitDo Pro 2

8BitDo telah membangun reputasi untuk gamepad serbaguna yang dapat bekerja dengan banyak sistem, dari Nintendo Switch hingga Raspberry Pi. Dan sementara Pro 2 adalah salah satu pengontrol teratas kami untuk Switch, itu juga merupakan opsi yang cukup bagus untuk Android dan iOS. Keuntungan menggunakan ini dengan ponsel Anda juga merupakan perangkat lunak 8BitDo gratis yang memberi Anda opsi penyesuaian ekstensif untuk tombol; bahkan memiliki lebih banyak opsi daripada yang Anda temukan di sistem Nintendo. Tentu saja, menjadi gamepad Bluetooth berarti cukup mudah untuk bolak-balik, menjadikannya investasi yang bagus untuk orang yang memiliki banyak perangkat portabel (seperti Switch).

Pro: Desain mirip PlayStation terasa nyaman; perangkat lunak konfigurasi kuat; pengontrol tersedia dalam berbagai warna

Cons: Tidak kecil dan paling baik dibawa-bawa dalam tas

Untuk pemain yang menyukai joystick bergaya Xbox: SteelSeries Nimbus+ dan Stratus+

Sementara desain DualShock PlayStation telah mendapatkan banyak peminatnya selama bertahun-tahun, gamepad Xbox adalah gambar stereotip dari gamepad di benak banyak orang (serta logo Discord). Jadi masuk akal jika ada lebih banyak opsi game seluler dengan bentuk itu, dan yang terbaik datang dari SteelSeries: Nimbus+ untuk perangkat buatan Apple dan Stratus+ untuk perangkat berbasis Google (Android dan Chromebook).

Kedua joystick itu, sebagian besar, identik. Mereka memiliki tombol dan pemicu bahu, d-padnya sama, dan keduanya menyertakan dudukan telepon yang kokoh untuk memasang perangkat Anda di bagian atas — jenis yang menjepit di tempatnya secara otomatis. Tidak seperti penjepit dari perusahaan yang lebih umum, yang disediakan SteelSeries dengan kedua joystick tidak akan melawan Anda selama proses pemasangan ponsel Anda.

Pro: Semakin banyak pemain yang terbiasa dengan joystick bergaya Xbox; kedua model menyertakan klem yang kokoh untuk menjepit ponsel Anda ke pengontrol.

Kontra: Anda harus membeli joystick yang berbeda berdasarkan OS yang Anda gunakan; joystick dengan penjepit terpasang berat

Untuk pemain yang ingin mengubah ponsel Android mereka menjadi perangkat seperti Switch atau Steam Deck: Razer Kishi

Jujur saja, faktor bentuk adalah alasan utama mengapa perangkat seperti Switch sangat populer. Mereka nyaman untuk dipegang, seimbang, dan benar-benar menempatkan layar di depan dan tengah. Anda tidak benar-benar mendapatkannya dengan penjepit telepon atau dudukan meja. Untungnya, Razer’s Kishi adalah opsi yang sangat terjangkau yang mudah untuk memasukkan ponsel Anda – meskipun pengaturannya memang tidak secepat opsi SteelSeries bagi saya. Tapi setidaknya koneksi langsung yang terbentuk dengan ponsel menggunakan USB-C (atau Lightning jika Anda menggunakan iPhone) lebih cepat daripada Bluetooth.

Keuntungan terbesar Kishi – selain kualitas build kelas atas Razer – adalah pengisian daya passthrough, jadi Anda tidak perlu melepaskannya untuk mengisi daya ponsel, dan ukurannya dapat dilipat saat Anda melepasnya dari perangkat. Ini lebih kecil dari pengontrol SteelSeries, membuatnya ideal untuk dimasukkan ke dalam tas kecil.

Kelebihan: Menyediakan koneksi langsung ke ponsel alih-alih mengandalkan Bluetooth; dilipat dengan kompak saat tidak digunakan

Cons: Ponsel dengan Kishi terpasang mungkin terasa besar

Untuk pemain yang ingin mengubah iPhone menjadi konsol genggam: Backbone One

Backbone One baru mirip dengan Razer’s Kishi dan dibuat khusus untuk perangkat Apple, meskipun dengan biaya lebih tinggi (karena lebih baru dan dari perusahaan yang lebih kecil). Rekan saya Mat Smith adalah penggemar berat One ketika dia mencobanya, dan saya sendiri menggunakannya memiliki beberapa keunggulan dibandingkan perangkat Razer, yaitu desain yang lebih bersih dan tekstur matte yang lebih ramah keringat. Ini juga menampilkan tombol khusus Apple, yang jauh lebih besar dan karenanya lebih mudah dipukul daripada yang ada di Kishi.

Pro: Hasil matte yang bagus; khusus dibuat untuk pengguna iPhone

Kontra: Mahal; hanya berfungsi dengan iPhone

Untuk pemain yang menginginkan pengontrol paling portabel (atau yang paling lucu): 8BitDo Zero 2

Jika Anda memiliki tangan yang besar, 8BitDo Zero 2 jelas bukan untuk Anda, dan tangan Anda kemungkinan besar akan kram jika Anda menghabiskan waktu terlalu lama bermain dengan pengontrol Bluetooth mungil ini. Tapi untuk semua orang, itu pasti layak untuk dilihat, jika hanya karena sangat kecil sehingga tidak ada alasan untuk menyimpannya setiap saat jika terjadi keadaan darurat. Bukannya kami dapat memberi tahu Anda apa yang dimaksud dengan darurat game, tetapi jika ada yang muncul, Anda akan senang memilikinya. Ini benar-benar seukuran gantungan kunci, sehingga Anda dapat menjepitnya di ransel atau memasukkannya ke dalam tas Switch dengan mudah. Dan kami menyukai warna-warna cerah, yang didasarkan pada desain Switch Lite dan harus menyatu dengan pakaian musim semi dan musim panas Anda.

Pro: Lucu dan mungil; dilengkapi dengan tali untuk dilampirkan ke tas

Cons: Terlalu kecil untuk gamer dengan tangan besar

sumber:engadget

Bagikan