Intip sejarah permainan blackjack

Asal usul Blackjack masih diperdebatkan, tetapi para peneliti setuju bahwa Blackjack mungkin berasal dari ruang permainan Prancis sekitar tahun 1700. Kartu Prancis disebut “Vingt-et-Un”, yang diterjemahkan menjadi “Dua puluh satu”. Kartu-kartu ini mungkin berasal dari permainan kartu Chemin de Fer yang populer saat itu. Permainan kartu dimainkan di Pengadilan Kerajaan Prancis pada masa pemerintahan Raja Louis XV.

The Origins of Blackjack

Sebenarnya ada teori bahwa Blackjack adalah penemuan bangsa Romawi. Teorinya berdiri karena orang Romawi suka bermain bertarung dengan mata uang, tetapi tidak dikonfirmasi. Dipercayai bahwa orang Romawi memainkan permainan ini dengan balok kayu dengan nomor berbeda yang dilukis di atasnya, bukan kartu kertas.

Selain berbagai versi Vingt-et-Un, popularitas permainan kartu meluas hingga Amerika Utara. Permainan kartu berhasil sampai ke pantai Amerika pada abad ke-18 dengan bantuan penjajah Prancis. Permainan tidak dapat menyebar dan berkembang di Prancis pada abad ke-19. Namun, selama ini permainan berkembang dan mendapatkan popularitas di Amerika. Permainan itu akan terlihat di New Orleans pada tahun 1820 di ruang permainan blackjack yang disahkan. Cukup menarik, selama ini aturannya berbeda dengan Blackjack kontemporer yang kita kenal sekarang. Misalnya dalam bentuk Blackjack sebelumnya, hanya dealer yang diizinkan menggandakan.

Juga selama ini, ada kisah tentang Eleanor Dumont. Dia lahir di Prancis dan berimigrasi ke Amerika. Dia adalah seorang pedagang yang terampil dan berkeliling sampai dia membuka aula permainan ini di Nevada City, California. Ironisnya, tempat itu bernama Vingt-et-Un. Orang-orang datang dari seluruh negeri untuk bermain melawan Eleanor, hanya karena dia dianggap langka di antara para dealer kartu.

Modern Day Blackjack

Pada abad ke-20, prekursor blackjack masih disebut 21 di Nevada.

Namun baru kali ini permainan kartu 21 berganti nama menjadi Blackjack. Ruang permainan yg mengunakan mata uang ini membutuhkan cara untuk mempromosikan permainan. Mereka menawarkan pembayaran bonus, termasuk yang membayar ekstra jika black jack (jack sekop atau tongkat) dibagikan bersama dengan kartu as sekop. Saat permainan menjadi lebih populer, pembayaran bonus menjadi kurang umum tetapi nama informal sudah melekat.

Aturan juga telah berubah mengikuti legalisasi permainain semacam ini. Ditetapkan oleh Komisi Permainan Nevada, aturan permainan masih digunakan sampai sekarang.

Dan di jaman sekarang ini blackjack di jadikan ajang tournament, dimana system permainan di tournament ini lawan adalah antar pemain bukan tuan rumah, setiap kegiatan tournament Blackjack ini mungkin bisa memiliki aturan yg berbeda.

sumber:crescent

Bagikan