10 Bank Digital Tawarkan Suku Bunga Deposito Tinggi

TAKARANEWS – Bank digital tahun ini berusaha memperkuat posisinya di pasar. Salah satu strategi yang digunakan adalah menawarkan suku bunga deposito yang tinggi, bahkan melebihi suku bunga yang ditawarkan oleh bank konvensional.

Informasi terkini menunjukkan bahwa suku bunga rata-rata bank umum di Indonesia untuk tenor satu tahun adalah 4,97%. Namun, data dari Bank Indonesia pada bulan April 2023 menunjukkan bahwa bank pembangunan daerah (BPD) menawarkan suku bunga deposito dengan tenor 12 bulan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bank umum lainnya.

Dalam laporan CNBC Indonesia, beberapa bank digital juga menawarkan suku bunga deposito dengan tenor 12 bulan di atas 5%, bahkan ada yang mencapai 8%.

Daftar Suku Bunga Deposito Bank Digital:

  1. Bank Raya – Saku Pintar (4.50%)
  2. Jenius – Maxi Saver (5.00%)
  3. Digibank – Deposito Digibank (5.00%)
  4. Blu – Blu Deposit (4.00%)
  5. Allobank – Deposito Allobank (6.00%)
  6. TMRW by UOB – Power Saver (3.75%)
  7. Neobank – Neo Wow Extra (8.00%)
  8. Bank Jago – Kantong Terkunci (5.00%)
  9. LINE BANK – Deposito LINE BANK (6.00%)
  10. SeaBank – Deposito SeaBank (7.00%)

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengingatkan masyarakat bahwa simpanan dengan suku bunga di atas tingkat bunga penjaminan (TBP) tidak akan dijamin oleh LPS.

Ini berarti jika bank tempat nasabah menyimpan deposito dengan suku bunga di atas TBP mengalami kebangkrutan, nasabah tidak akan menerima ganti rugi dari LPS.

LPS merupakan lembaga negara yang bertugas menjamin simpanan masyarakat di sektor perbankan dengan ketentuan tertentu. Namun, Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa, menyatakan bahwa tidak ada larangan bagi bank untuk menawarkan suku bunga deposito di atas TBP.

Purbaya menjelaskan bahwa yang penting adalah bank memberitahukan kepada nasabah bahwa suku bunga tersebut melebihi bunga penjaminan dan tidak dijamin oleh LPS. Hal ini telah menjadi permintaan yang diusulkan kepada bank secara berkala.

Berdasarkan informasi yang diunggah di situs resmi LPS, tingkat bunga penjaminan untuk tabungan rupiah pada bank umum adalah 4.00%, sedangkan untuk tabungan valuta asing (valas) adalah 2.00%. Adapun untuk Bank Perkreditan Rakyat (BPR), tingkat bunga penjaminan mencapai 6.50%. Perlu diketahui bahwa LPS hanya menjamin simpanan dengan batas maksimum sebesar Rp 2 miliar.

Bagikan