Siapa Orang Terkaya Di Indonesia Tahun 2023

TAKARANEWS – Nama Hartono Bersaudara kembali menduduki posisi teratas dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia pada tahun 2023.

Seperti yang kita ketahui, daftar ini selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu, tergantung pada perubahan nilai kekayaan mereka yang terjadi secara real-time, seperti yang tercatat dalam laporan Real Time Billionaires.

Hingga saat ini, posisi orang terkaya di Indonesia masih dipegang oleh Robert Budi Hartono dan Michael Hartono. Kedua saudara ini memiliki total kekayaan mencapai US$ 51,2 miliar atau sekitar Rp 768 triliun (dengan kurs Rp 15.000/dolar AS).

Menurut data Forbes Real Time Billionaires pada Kamis (6/7/2023), saat ini Robert Hartono menempati posisi orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan mencapai US$ 26,2 miliar atau sekitar Rp 393 triliun. Dia juga menempati peringkat ke-59 sebagai orang terkaya di dunia.

Di sisi lain, Michael Hartono berada di peringkat kedua sebagai orang terkaya di Indonesia dan peringkat ke-63 di dunia. Ia memiliki kekayaan sebesar US$ 25 miliar atau setara dengan Rp 375 triliun.

Setelah Hartono Bersaudara, peringkat ketiga orang terkaya di Indonesia diisi oleh Low Tuck Kwong dengan kekayaan mencapai US$ 22 miliar (Rp 330 triliun). Namun, harta kekayaannya mengalami penurunan sebesar US$ 16 juta.

Selain itu, Lim Hariyanto Wijaya Sarwono berhasil naik peringkat dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Saat ini, dia menduduki posisi nomor delapan orang terkaya di Indonesia setelah berhasil melampaui bos Alfamart, Djoko Susanto.

Secara keseluruhan, peringkat 10 orang terkaya di Indonesia tidak mengalami perubahan yang signifikan. Berikut adalah daftar lengkapnya:

1. Robert Budi Hartono – US$ 26,2 miliar

2. Michael Hartono – US$ 25 miliar

3. Low Tuck Kwong – US$ 22 miliar

4. Sri Prakash Lohia – US$ 7,2 miliar

5. Prajogo Pangestu – US$ 5,9 miliar

6. Chairul Tanjung – US$ 5 miliar

7. Tahir dan Keluarga – US$ 4,4 miliar

8. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono – US$ 4,2 miliar

9. Djoko Susanto – US$ 4 miliar

10. Dewi Kam – US$ 3,6 miliar

Bagikan