Ubah Kebiasaan – Kebiasaan Ini Agar Kamu Makin Percaya Diri

TAKARANEWS – Kepercayaan diri memiliki peran penting dalam kehidupan. Meskipun seseorang memiliki pendidikan tinggi, kecerdasan yang luar biasa, atau penampilan menarik, tanpa kepercayaan diri, mereka bisa menjadi lemah dan merugi.

Fakta ini terlihat dalam kenyataan sehari-hari. Rekan kerja yang lebih percaya diri cenderung unggul dalam berbagai hal, terlepas dari latar belakang mereka.

Berita baiknya adalah kepercayaan diri, seperti hal lain dalam hidup, dapat dikembangkan seiring berjalannya waktu.

“Beberapa kebiasaan tertentu yang cenderung dilakukan oleh orang-orang yang kurang percaya diri perlu dibahas,” kata Daniel Mabanta, seorang pengusaha, penulis, editor lepas, pelancong, petualang, dan pecinta makanan, dalam ulasannya di laman Ideapod.

Terlalu sering meminta maaf adalah salah satu tanda kelemahan. Mengucapkan permintaan maaf terlalu sering, bahkan ketika tidak ada yang perlu disesali, menunjukkan sikap rendah diri dan kurangnya kepercayaan diri. Perilaku ini bisa mempengaruhi kesuksesan seseorang dan membuat mereka terlihat tidak yakin.

Humor yang mencela diri sendiri bisa lucu dalam dosis yang tepat, tetapi ketika menjadi bagian dari kepribadian, bisa mencerminkan rasa tidak percaya diri. Hal ini bisa membuat orang lain merasa tidak nyaman karena terlalu sering merendahkan diri sendiri.

Kesulitan menerima pujian juga menunjukkan kurangnya kepercayaan diri. Orang yang tidak percaya diri cenderung meragukan pujian yang diberikan kepada mereka, karena mereka memiliki citra diri yang negatif.

Menghindari kontak mata adalah tanda lain dari ketidakpercayaan diri. Orang yang percaya diri bisa dengan mudah menjalin kontak mata dengan orang lain, sementara mereka yang tidak percaya diri sering merasa tidak aman atau cemas dalam situasi tersebut.

Perilaku perfeksionis bisa menunjukkan kurangnya kepercayaan diri. Berusaha untuk menjadi yang terbaik adalah positif, tetapi jika terlalu obsesif terhadap setiap detail kecil dan kesalahan, itu menandakan bahwa seseorang memiliki masalah dalam menerima diri mereka sendiri.

Takut untuk meminta bantuan juga dapat mencerminkan kurangnya kepercayaan diri. Orang yang merasa nyaman dengan diri sendiri tidak ragu untuk meminta bantuan, karena mereka tahu bahwa meminta bantuan bukanlah tanda kelemahan, tetapi inisiatif dan ketegasan.

Terlalu setuju dengan orang lain demi menghindari konflik juga bisa menjadi tanda ketidakpercayaan diri. Orang yang percaya diri bisa menyatakan pendapatnya dengan tegas, meskipun berbeda dengan orang lain, karena mereka tidak takut akan konflik.

Menjadi diri sendiri tanpa sombong adalah keseimbangan yang baik. Ketika seseorang memiliki kepercayaan diri, mereka akan menerima diri mereka apa adanya dan belajar dari kekurangan dan kesalahan, dan terus maju dengan keyakinan.

“Ingatlah, bermain kecil tidak akan bermanfaat bagi dunia. Tidak ada gunanya merendahkan diri agar orang lain tidak merasa minder di sekitar kita,” seperti yang pernah diucapkan oleh mendiang Nelson Mandela.

Sumber: kompas.com

Bagikan