Wow! Kamu Sekarang Bisa Naik Pesawat Kalau Mau Liburan ke Karimun Jawa

TAKARANEWS – Ada berita menarik bagi para traveler. Sekarang kalian dapat berlibur ke Karimunjawa yang indah dengan naik pesawat!

Selama ini, perjalanan ke Kepulauan Karimunjawa di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah hanya bisa dilakukan melalui jalur darat dan laut. Namun, rencananya akan dibuka rute penerbangan baru ke depannya.

Karimunjawa memiliki pesona yang tak terhingga. Setiap hari, destinasi wisata unggulan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Untuk mencapai Karimunjawa, pengunjung biasanya melewati jalur darat dan kemudian melanjutkan dengan kapal laut. Kapal cepat maupun ferry tersedia di dermaga Pantai Kartini untuk menyeberang laut dan mengantarkan wisatawan ke Karimunjawa, serta sebaliknya.

Dengan harga tiket sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 230 ribu, kapal Express Bahari membutuhkan waktu 2 jam untuk menyeberangi laut. Sementara itu, kapal ferry membutuhkan waktu lebih lama, sekitar 4 jam, dengan tarif Rp 80 ribu.

Untuk mengoptimalkan pengembangan destinasi pariwisata dengan 27 pulau ini, Badan Otorita Borobudur (BOB) hadir selama dua hari pada Sabtu (15/7) hingga Minggu (16/7).

“Badan Otorita Borobudur hadir untuk mengoptimalkan pengembangan pariwisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur, termasuk di KSPN Karimunjawa,” kata Direktur Utama BOB, Agustin Peranginangin.

Untuk memberikan kenyamanan kepada para wisatawan dan mempermudah akses, rencananya akan dibuka rute penerbangan baru menuju pulau yang menjadi Cagar Biosfer UNESCO ini. Penerbangan melalui Semarang sebelumnya pernah ada sekitar tahun 2018, tetapi sekarang sudah tidak ada lagi.

“Karimunjawa adalah Cagar Biosfer yang diakui oleh UNESCO. Yang kami harapkan dan impikan adalah konektivitas dari Pulau Jawa bukan hanya dari Semarang, tetapi juga dari Yogyakarta atau Solo dengan waktu tempuh 60-70 menit. Jika terdapat penerbangan dari Jogja atau Solo, kami yakin bahwa pariwisata dapat dikemas dalam paket Jogja-Solo-Karimunjawa,” tambahnya.

Rute penerbangan ini tidak hanya akan membawa pengunjung dari Pulau Jawa ke Karimunjawa, tetapi juga menjadi pengantar paket pariwisata budaya dan bahari yang ada di Pulau Jawa dan Karimunjawa.

Tidak hanya dari Jawa, Pulau Bali juga menjadi rute menarik yang dapat dimasukkan dalam paket pariwisata.

“Jawa memiliki kekuatan pariwisata budaya, mereka dapat mengunjungi destinasi wisata bahari di Karimunjawa. Ini telah digagas oleh kami dan kepala bandara. Rute Bali-Jogja-Karimunjawa sebenarnya cukup menarik,” lanjutnya.

Kepulauan Karimunjawa menawarkan berbagai spot indah dan eksotis. Mulai dari penangkaran hiu, snorkeling dan bermain-main dengan ikan-ikan cantik, menikmati keindahan bukit-bukit yang menakjubkan, hingga menikmati matahari terbenam di Tanjung Gelam.

Salah satu pengunjung, Puput Puspitasari (35), merasa senang dapat menjelajahi keindahan destinasi wisata ini. Dia tidak akan ragu untuk kembali ke Karimunjawa suatu hari nanti.

“Saya sangat senang dan antusias. Saya terus berfoto, sungguh bahagia dan saya akan senang jika diajak kembali ke sini,” ucapnya.

Sumber: tempo.com

Bagikan