Sebuah SD di Kepulauan Riau Tidak Memiliki Siswa Hingga Akhir Tanggal Pendaftaran

TAKARANEWS – Mendekati tahun ajaran 2023/2024, SD Negeri 006 Cemaga Selatan di Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), belum memiliki siswa baru. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang berlangsung pada 1-8 Juli 2023 tidak menarik satupun pendaftar. Kepala SDN 006 Cemaga Selatan, Ismail, mengungkapkan bahwa meskipun mereka berharap ada pendaftar dari luar, namun kenyataannya tidak ada yang mendaftar.

Sebelum penerimaan siswa baru, pihak sekolah melakukan survei di daerah yang masuk zonasi sekolah. Namun, dari survei tersebut tidak ditemukan anak berusia 6-7 tahun di dua daerah tersebut, yaitu Teluk Depih dan Selat Lampa. Meskipun pendaftaran telah dilakukan sesuai jadwal pemerintah dan telah diperpanjang beberapa hari, tidak ada wali murid yang mendaftarkan anaknya.

Ini merupakan pertama kalinya kejadian seperti ini terjadi sejak Ismail menjabat sebagai kepala sekolah di SDN 006 Cemaga Selatan. Meskipun ruang kelas satu tidak diisi oleh siswa baru, Ismail berharap proses belajar mengajar tetap berjalan dengan baik dan dana operasional sekolah melalui dana BOS tidak berkurang.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Natuna, Umar Wirahadi Kusuma, menyatakan bahwa hal ini diduga terjadi karena aturan zonasi. Rumah wali murid di daerah tersebut lebih dekat dengan SDN 005 daripada SDN 006, sehingga mereka memilih untuk mendaftarkan anaknya ke SDN 005. Meskipun demikian, aktivitas belajar mengajar di SDN 006 Teluk Depih tetap berjalan normal dengan jumlah siswa kelas dua hingga kelas enam sebanyak 23 orang.

Sumber: kompas.com

Bagikan