Tips Sehat Agar Tidak Ngedrop Setelah Begadang

TAKARANEWS – Banyak orang yang suka begadang, karena tuntutan pekerjaan, tugas, bermain gim atau yang lainnya. Namun seperti yang sudah kita tahu, begadang terlalu sering sangat tidak baik untuk Kesehatan kita dan memberikan efek yang buruk pada tubuh dan otak kita. Namun jika situasi memerlukan anda untuk begadang, kami memiliki beberapa tips agar kamu tidak ngedrop setelah begadang.

  1. Tidur siang yang cukup

Tidur siang setelah begadang sangat membantu tubuh dan otak untuk Kembali fit dan dapat bekerja dengan baik sampai menjelang tidur nanti. Namun tidur siang yang baik tidak boleh terlalu lama karena malah dapat membuat kondisi tubuh memburuk. Dr Michael Grandner, seorang direktur program riset tidur dan Kesehatan di fakultas kedokteran Universitas Arizona mengatakan “Tidur siang singkat selama 20 hingga 30 menit dapat meningkatkan kinerja otak sepanjang hari.”

  • Jaga Asupan Air

Tubuh akan terasa lemah dan lesu apabila asupan air setelah begadang tidak terpenuhi. Air sendiri sangat berperan penting dalam tubuh manusia untuk tetap menjaga kondisi tubuh dan organ – organnya bekerja dengan baik.

“Minumlah banyak air karena saat Anda kurang tidur, sel-sel Anda akan sangat haus karena mereka bekerja ekstra keras untuk merawat Anda dan mereka membutuhkan lebih banyak air,” kata ahli diet dan nutrisi Jessica Cording, dikutip dari Insider.

  • Atur Konsumsi Gula

Jika Anda tidak cukup tidur, Anda mungkin merasa lebih lapar dari biasanya dan akhirnya makan camilan berkalori tinggi atau bergula. Gula dapat memberikan energi dengan cepat, tetapi tidak bertahan lama.

Energi pendek yang berasal dari gula dan karbohidrat tidak cocok untuk dikonsumsi dalam kondisi seperti itu. Itu bisa memicu “kecelakaan” lain seperti penurunan gula darah yang cepat. Ini malah membuat tubuh terasa dua kali lebih lelah. Circle Health Group menganjurkan untuk menghindari makan besar, makanan manis dan minuman berenergi. Akan jauh lebih baik jika Anda mengonsumsi makanan sehat yang kaya protein seperti kacang-kacangan dan daging tanpa lemak.

  • Tetap Lakukan Olahraga

Kurang tidur juga dapat mempengaruhi suasana hati seseorang. Ini juga mempengaruhi kondisi fisik dan energi selama aktivitas sehari-hari. Jadi ada baiknya untuk terus berlatih.

“Tidak peduli seberapa lelah Anda, aktivitas fisik akan meningkatkan suasana hati dan tingkat energi Anda secara keseluruhan dan bahkan dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam berikutnya,” kata ahli gizi Molly Morgan

  • Atur Kembali Jadwal Tidur Setelah Begadang

Setelah begadang di malam tahun baru, kebanyakan orang pasti akan merasakan godaan untuk tidur lebih awal atau tidur lebih lama dari biasanya. Namun, ternyata hal itu bisa mengubah pola tidur normal yang biasanya berlaku.

Usahakan tidur paling lambat satu jam sebelum waktu tidur dan bangun paling lambat satu jam lebih lambat dari biasanya. Ini dapat memastikan istirahat maksimal daripada tidur lebih lama dari biasanya

Sumber: detikcom

Bagikan