Sering Gagal Waktu Kencan Online? Ini Tips Buat Kamu

TAKARANEWS – Banyak orang mengandalkan aplikasi kencan online sebagai sarana untuk menemukan pasangan yang diidamkan. Namun, seringkali ada beberapa kendala yang dapat menghambat proses pencarian cinta tersebut.

Viviane Hahne, seorang psikolog, memberikan beberapa tips yang dapat membantu mengatasi hambatan dan keraguan saat berkencan online, bahkan dalam dunia nyata. Berikut ini adalah rangkumannya yang diambil dari siaran pers Tinder.

Berhenti berpura-pura agar disukai orang lain.

Media sosial seringkali memberikan tekanan untuk selalu tampil aktif dan menarik, padahal sebenarnya tidak perlu seperti itu. Kamu dapat tetap menjadi dirimu sendiri dan menemukan seseorang yang benar-benar menyukai kamu apa adanya.

Tetapkan dengan jelas apa yang kamu sukai dan tidak sukai.

Misalnya, jika ada pasangan yang mengajak kamu pergi ke acara besar untuk kencan pertama, tetapi kamu lebih nyaman dengan suasana yang santai, sampaikan keinginanmu dengan jelas sejak awal dan pertahankan preferensimu.

Jangan khawatir kehabisan topik pembicaraan. Gunakan pertanyaan terbuka.

Misalkan, apa yang ingin kamu ketahui tentang pasanganmu? Apa yang membuat mereka tertarik denganmu sejauh ini? Pertanyaan terbuka membuat percakapan menjadi lebih menarik. Hal ini karena orang cenderung senang membicarakan hal-hal yang berhubungan dengan diri mereka sendiri.

Hindari pembatalan kencan secara tiba-tiba.

Dalam psikologi, perilaku ini dikenal sebagai menghindar dan dapat memperkuat rasa ketidakamanan dalam dirimu. Meskipun membutuhkan usaha dan harus keluar dari zona nyaman, ada baiknya untuk menghadapi rasa takut tersebut.

Kuncinya adalah berlatih, berlatih, dan berlatih! Tetapi, jangan lupa untuk tetap mengutamakan keselamatanmu saat pergi berkencan.

Perbanyak pengalaman dan refleksi.

Pertimbangkan kencan mana yang membuat kamu merasa nyaman. Apa yang membuatmu merasa begitu? Apa yang membuatmu menyukai kencan tersebut? Apakah karena lokasinya, kegiatan yang dilakukan, atau topik pembicaraan yang dibahas saat itu? Bagaimana kamu dapat menggunakan pengalaman tersebut untuk kencan-kencan selanjutnya?

Lakukan ritual khusus sebelum berkencan.

Cobalah pikirkan satu ritual atau kebiasaan yang selalu kamu lakukan sebelum pergi berkencan. Melakukannya dapat berdampak positif pada kesejahteraan mentalmu dan meningkatkan rasa aman. Ritual tersebut bisa berupa hal-hal sederhana, seperti mandi untuk relaksasi atau merapikan rambut. Mendengarkan musik atau menelepon teman juga dapat memberikan efek positif.

Viviane Hahne menekankan bahwa tidak ada aturan khusus dalam mempersiapkan diri. Cari aktivitas apa pun yang membuatmu merasa nyaman dan menghilangkan kegugupan.

Sumber: suara.com

Bagikan