Bagaimana cara mengconfigure webcam di Windows 11

Banyak orang melakukan konferensi video di PC Windows 11 mereka akhir-akhir ini, dan webcam adalah inti dari pengalaman tersebut. Jadi, jika Anda berharap untuk mengendalikan webcam Anda dan men-tweak pengaturan dasar, seperti kecerahan gambar, ketajaman, dan kontras, aplikasi pengaturan Windows 11 akan menjadi tujuan Anda. Jika Anda menggunakan perangkat dengan SoC berbasis Arm, seperti Surface Pro 9, Anda juga dapat mengubah pengaturan webcam terintegrasi dengan Windows Studio Effects. Kami telah melihat kedua metode untuk Anda di sini.

Cara mengubah pengaturan webcam Anda di Windows 11 dengan aplikasi Pengaturan

Cara termudah untuk mengubah pengaturan webcam adalah dengan aplikasi pengaturan Windows 11. Anda dapat membuka ini dengan menekan Tombol Windows dan saya pada keyboard Anda secara bersamaan. Setelah terbuka, ikuti langkah-langkah di bawah ini. Pengaturan ini berlaku untuk webcam terintegrasi dan webcam eksternal.

  1. Click Bluetooth & devices in the sidebar.
  2. Choose Cameras.
  3. Under Connected camera choose your camera.
  4. Look under Basic Settings to tweak the contrast, brightness, sharpness, and saturation of your image .
  5. To reset your settings to default, choose Reset settings.
  6. If you’re having issues with your webcam, choose Troubleshoot to launch the Windows 11 Get Help app, which will attempt to resolve the issue for you.

Sekali lagi, aplikasi pengaturan Windows 11 menawarkan kontrol yang cukup mendasar untuk webcam Anda. Tidak ada yang terlalu mewah, tetapi mengutak-atik pengaturan ini dapat membantu mencerahkan gambar Anda sedikit dan membuat Anda terlihat lebih baik saat menelepon.

How to change your Windows Studio Effects settings

Jika perangkat Anda memiliki SoC berbasis Arm, dari Qualcomm, Anda dapat menyesuaikan pengaturan webcam tambahan di luar apa yang dimungkinkan oleh aplikasi pengaturan Windows 11. Anda akan melihat opsi untuk efek latar belakang, kontak mata, dan pembingkaian otomatis. Berkat pembaruan Windows 11 Moment 2, Anda akan memiliki akses lebih cepat ke pengaturan ini di area Tindakan Cepat di Taskbar. Perhatikan bahwa pengaturan ini hanya berlaku untuk webcam terintegrasi. Anda juga dapat menemukan pengaturan secara manual di area Kamera pada aplikasi pengaturan, seperti yang kami jelaskan di atas. Kami menjelaskan kedua metode tersebut.

Dari Quick Actions panel

Quick Actions adalah cara yang lebih mudah untuk mengakses Windows Studio Effects. Tidak perlu terlalu banyak klik, tetapi Anda mungkin harus menambahkan tombol untuk itu. Begini caranya:

  1. Open Quick Actions with Windows Key and A on your keyboard.
  2. Choose the pencil icon to edit the quick actions available in the panel.
  3. Click Add and choose Windows Studio Effects.
  4. Once added, click on the Studio Effects icon.
  5. Anda akan memiliki akses ke pengaturan dasar yang kami sebutkan di atas, untuk efek Latar Belakang, Kontak Mata, dan pembingkaian.

Dari Settings app

Pengguna yang lebih berpengalaman mungkin ingin men-tweak Windows Studio Effects dari aplikasi Pengaturan. Ini adalah proses yang lebih berlarut-larut, tetapi jika Anda ingin melakukannya dengan cara yang “sulit”, begini caranya.

  1. Open the Windows 11 Settings app by pressing Windows + I on your keyboard.
  2. Choose Bluetooth & devices in the sidebar.
  3. Choose Cameras
  4. Select the camera on your laptop.
  5. Under Camera Effects select the effects you want to enable, making sure the toggle switch for On is picked.

Sekali lagi, seperti yang Anda lihat di Tindakan Cepat, Anda dapat memilih efek latar belakang seperti kabur, pembingkaian otomatis, kontak mata, dan lainnya. Anda sekarang telah men-tweak webcam terintegrasi Anda untuk membumbui umpan video Anda. Dengan Windows Studio Effects, Anda akan terlihat lebih baik dalam panggilan video. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang fitur ini di panduan cara kerja Windows Studio Effects khusus kami.

Mengubah pengaturan webcam di Windows 11 hanyalah salah satu cara untuk mempersonalisasi perangkat Anda. Kami juga menyarankan Anda mengubah pengaturan untuk hal-hal seperti startup cepat, dan mengubah beberapa pengaturan untuk menjadikan Windows 11 lebih pribadi.

sumber:xda-developer

Bagikan