Daftar Jurusan Kuliah Favorit di Indonesia

TAKARANEWS – Bagi siswa yang hendak melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi tetapi masih bingung memilih jurusan, daftar jurusan kuliah favorit di Indonesia berikut dapat menjadi pertimbangan.

Daftar ini merupakan jurusan-jurusan yang menjadi favorit calon mahasiswa pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

Jurusan kuliah favorit ini dapat menjadi pilihan terutama bagi kamu yang mendaftar Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023.

Untuk membantu kamu memilih, berikut deretan program studi (prodi) atau jurusan favorit yang banyak diminati dan dapat menjadi referensi, dikutip dari laman resmi masing-masing kampus.

1. Akuntansi

Akuntansi merupakan salah satu jurusan yang tak pernah sepi peminat. Di jurusan akuntansi, mahasiswa akan mempelajari cara mengelola keuangan, seperti pembukuan, debit dan kredit, hingga pasar modal.

Jurusan ini banyak tersedia di perguruan tinggi negeri, seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Brawijaya (UB), Universitas Padjajaran (Unpad), dan sebagainya.

2. Farmasi

Salah satu daftar jurusan kuliah favorit di Indonesia berikutnya adalah farmasi. Jurusan ini mempelajari segala seluk beluk mengenai obat, seperti mencampur, meracik, dan membuat obat.

Jurusan farmasi juga terdapat di berbagai universitas negeri di Indonesia, seperti UGM, UI, UNS, Unpad, Unair, dan sebagainya.

3. Ilmu Hukum

Jurusan ilmu hukum mempelajari hal-hal terkait hukum di banyak bidang, seperti hukum negara, perdata dan pidana, hukum dagang, dan lainnya.

Apabila tertarik dengan jurusan ini, beberapa pilihan kampusnya adalah UGM, UI, UB, Undip, dan Unpad.

4. Ilmu Komunikasi

Selanjutnya adalah jurusan ilmu komunikasi. Program studi jurusan ini ada banyak, seperti hubungan masyarakat, periklanan, hingga manajemen komunikasi.

Jurusan Ilmu Komunikasi juga terdapat di berbagai universitas negeri di Indonesia, seperti UGM, UI, UNS, dan Unpad.

5. Ilmu Komputer

Ilmu komputer merupakan jurusan kuliah yang mempelajari tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Jurusan yang satu ini terdapat di UGM, UI, dan UNS.

6. Kedokteran

Kedokteran merupakan jurusan yang mempelajari tentang masalah kesehatan, mencegah penyakit dan juga memberikan pengobatan. Jurusan kuliah ini menjadi pilihan favorit di UI, UGM, Unair, UB, dan UNS.

7. Statistika

Jurusan statistika mempelajari pengelolaan data. Lulusan ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Statitiska merupakan prodi bidang sains dan teknologi yang menjadi jurusan favorit di UI, ITB, Unair, UGM, IPB, UNS.

8. Teknik Industri

Teknik industri merupakan bidang ilmu yang mempelajari bagaimana mengoptimasi kegiatan manusia seperti produksi, pengelolaan, dan ekonomi. Jurusan teknik industri ini banyak diminati di UI, Undip, dan ITS.

9. Teknik Mesin

Selanjutnya adalah teknik mesin yang merupakan bidang keilmuan yang mempelajari prinsip dasar fisika untuk analisis, desain, manufaktur, dan memelihara sebuah sistem mekanik.

Prodi yang termasuk dalam bidang sains dan teknologi ini banyak diminati di ITB, UI, UNS.

10. Teknologi Informasi

Teknologi informasi merupakan jurusan yang mempelajari tentang sistem atau teknologi oleh data termasuk impelementasinya pada berbagai hal, seperti pengembangan software, artificial intelligence, dan pengembangan sistem informasi berbasis cloud.

Jurusan yang satu ini banyak diminati di UGM dan ITS.

11. Pendidikan Administrasi Perkantoran

Pendidikan administrasi perkantoran merupakan prodi yang mempelajari tentang operasional perusahaan baik secara administrasi dan kebutuhan kantor serta mengelola dan pengawasan tempat kerja.

Prodi yang termasuk bidan sosial, hukum, dan politik ini banyak diminati di UI, Undip, Unpad, UNS.

12. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia atau PBSI merupakan jurusan yang mempelajari keterampilan berbahasa Indonesia dengan baik dan efektif. Selain itu, mahasiswa juga akan dibekali dengan mata kuliah keterampilan dasar mengajar.

Jurusan ini memiliki banyak peminat di antaranya, Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), dan sebagainya.

13. Psikologi

Selanjutnya adalah psikologi merupakan ilmu yang mengkaji tingkah laku manusia dan hubungan-hubungan lain antarmanusia.

Psikologi menjadi salah satu dari daftar kuliah favorit di Indonesia. Jurusan ini juga tersedia di berbagai perguruan tinggi seperti UGM, UI, UNS, dan Unpad.

Demikian sejumlah daftar kuliah favorit di Indonesia. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menjadi pertimbangan kamu dalam memilih jurusan kuliah.

Bagikan