Singapura Pamerkan Kapal Selam Tercanggih Se-Asia Tenggara, Ini Penampakannya

TAKARANEWS – Angkatan Laut Singapura (RSN) secara resmi telah meluncurkan kapal selam paling canggih di Asia Tenggara. Kapal selam kelas Invincible, yang dibuat oleh perusahaan terkemuka Jerman, ThyssenKrupp Marine Systems atau TKMS, diserahkan kepada Angkatan Laut Singapura pada 20 Juli 2023 di Pangkalan Angkatan Laut Changi, Singapura.

Kapal selam bernama Impeccable ini merupakan satu dari empat kapal selam kelas Invincible yang telah dipesan oleh pemerintah Singapura. Tujuan pembuatan kapal selam ini adalah untuk menggantikan kapal selam Challenger dan Archer yang masing-masing sudah berusia 60 tahun dan 40 tahun.

Kapal selam ini dirancang khusus untuk beroperasi di perairan tropis Singapura yang dangkal dan sibuk. Dilengkapi dengan kemampuan canggih seperti otomatisasi tingkat tinggi, kapasitas muatan yang besar, daya tahan bawah air yang ditingkatkan, dan desain ergonomis yang dioptimalkan untuk fisik orang Asia. Kehadirannya di dalam RSN akan meningkatkan kemampuan Angkatan Laut Singapura dalam melindungi negara dan menjaga jalur komunikasi laut yang vital.

Kementerian Pertahanan Singapura tidak merilis spesifikasi detail kapal selam ini secara resmi, namun berbagai sumber menyebutkan bahwa kapal selam kelas Invincible merupakan turunan dari kapal selam bermesin diesel elektrik tipe 214 atau versi ekspor dari kapal selam 212 yang sangat terkenal.

Kapal selam terbaru Singapura ini dilengkapi dengan teknologi Air Independent Propulsion (AIP), sehingga mampu bertahan di bawah permukaan air selama 4 hingga 6 minggu. Kapal selam ini dirancang untuk dapat beroperasi selama 30 tahun ke depan.

Tentang persenjataan, kapal selam tipe 218SG ini dilengkapi dengan delapan tabung torpedo berukuran 533 milimeter (21,0 inci) dan dua tabung torpedo berukuran 650 milimeter (26 inci), yang dapat digunakan untuk menembakkan torpedo kelas berat, rudal anti-kapal, dan meletakkan ranjau.

Kapal selam Impeccable akan menjalani serangkaian uji coba laut lokal dan pemeriksaan menuju operasionalisasi penuh. Sementara itu, kapal selam Invincible masih berada di Jerman untuk mendukung pelatihan kapal selam RSN, sementara dua kapal selam terakhir sedang mengalami perkembangan yang positif dalam pengembangan proyek mereka di Jerman.

Sumber: detik.com

Bagikan