Cuma 8 Ribu Bisa Bikin Kunci Motor Keylessmu Anti Maling

TAKARANEWS – Belakangan ini, beredar kabar bahwa para pelaku pencurian motor (curanmor) mengakui bahwa motor dengan teknologi keyless lebih sulit dicuri. Mereka cenderung lebih sering mencuri motor yang masih menggunakan kunci konvensional daripada yang menggunakan sistem remote.

Jika mereka berhasil mendapatkan motor dengan teknologi keyless, biasanya mereka akan lebih mudah menjualnya dalam kondisi terpisah-pisah, bukan sebagai satu unit motor utuh. Hal ini sebenarnya mencerminkan bahwa motor dengan teknologi keyless memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan motor dengan kunci konvensional.

Namun, perlu diperhatikan juga bahwa kondisi remote dari motor keyless juga memiliki peran penting, terutama ketersediaan baterai. Banyak pengguna motor keyless yang seringkali tidak mematikan remote, sehingga remote selalu berada dalam posisi siap sedia. Ini tentu saja membuat baterai remote menjadi cepat habis.

Jika Anda mulai merasakan kesulitan dalam menghidupkan motor meskipun sudah dekat dengan remote, kemungkinan baterai pada remote mulai lemah dan perlu diganti. Jika tidak segera diganti, motor bisa menjadi sulit dinyalakan dan bahkan bisa terjebak di tempat parkir.

“Karena umur baterai pada remote motor keyless umumnya tidak lebih dari dua tahun, setelah melebihi batas itu, biasanya sinyalnya sulit diakses,” jelas Muhammad Fikri, Penasihat Layanan dari AHASS Berdikari Motor Pamulang.

Berikut langkah-langkah untuk mengganti baterai remote keyless:

  1. Siapkan obeng minus berukuran kecil, karena hampir semua remote motor keyless memiliki desain yang sama. Anda akan menggunakan obeng ini untuk membuka bodi remote.
  2. Buka bodi remote dengan hati-hati, biasanya bodi remote tidak memiliki mur dan hanya menggunakan kancing untuk penutupnya.
  3. Setelah bodi terbuka, Anda akan melihat baterai koin tipe CR 2032 di dalamnya. Baterai ini bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 8 ribu dan bisa langsung dipasang pada remote.
  4. Setelah baterai baru terpasang, pasang kembali bodi remote dengan hati-hati.
  5. Jika Anda lebih memilih, bengkel resmi juga bisa melakukan penggantian baterai remote motor keyless ini dengan biaya tertentu. Sebagai contoh, di AHASS, biaya penggantian biasanya sekitar Rp 18 ribu, termasuk ongkos pemasangan.

Menariknya, melakukan penggantian baterai sendiri bisa jadi lebih ekonomis, bukan?

Sumber: motorplus-online.com

Bagikan