PENGRAJIN eceng gondok di sekitar Rawa Pening telah memanfaatkan tumbuhan yang tumbuh subur dan mengancam ekosistem waduk tersebut selama kurang lebih 20 tahun.

Di tangan para pengrajin tersebut, tumbuhan hama eceng gondok dapat disulap menjadi produk bernilai ekonomis dalam bentuk crafts, fashion, dan juga media tanam. Namun, para pengrajin ini masih merasa kesulitan dalam memasarkan produk-produknya.

Melihat kegigihan para pengrajin tersebut dalam melestarikan waduk rawa pening dan meningkatkan ekonomi keluarga, BRI Life, melalui program TJSL (Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan) memberikan bantuan berupa pelatihan peningkatan kapasitas usaha, pemberian asuransi PIJAR secara gratis, peralatan dan perangkat digital penunjang penjualan kepada para pengrajin gondok sekitar Waduk Rawa Pening.

Bekerja sama dengan BRI Research Institute, BRI Life meresmikan rumah pemasaran UMKM Eceng Gondok Waduk Rawa Pening pada 7 Agustus 2024.

Rumah pemasaran yang diresmikan oleh Direktur Utama BRI Life, Aris Hartanto, diharapkan mampu meningkatkan penjualan pengrajin eceng gondok.

“Untuk menambahkan value suatu produk, kita bisa menambahkan background story dari bagaimana proses pembuatan produk sehingga ada keunikan dari setiap produk yang kita jual,” ujar Direktur Utama BRI Life dalam sambutannya.

Kegiatan peresmian ini juga turut dihadiri oleh jajaran komisaris BRI Life, Direktur Utama BRI Research Institute, dan Kepala Desa Kesongo.

Kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas usaha pengrajin eceng gondok yang sudah dimulai sejak Juni 2024, menghadirkan pemateri dari Pusat Inkubasi Bisnis Politeknik Negeri Semarang, dan Pusat Inkubasi Bisnis Universitas Jenderal Soedirman.

Koordinator Pengrajin Eceng Gondok Firman Setyaji, merupakan putra daerah asli Desa Kesongo yang dikenal sebagai harapan komunitas pengrajin eceng gondok.

Firman antusias menerima bantuan pelatihan dan peralatan penunjang penjualan tersebut dan akan menggunakannya terutama untuk kegiatan-kegiatan penjualan seperti pameran dan digital marketing dengan misi memperkenalkan produk eceng gondok dari Desa Kesongo ke mancanegara. Hal ini mendukung cita-cita Kepala Desa Kesongo.

“Saya berharap dalam 5 tahun ke depan, setidaknya ada satu produk UMKM di Desa Kesongo yang sudah bisa ekspor,” ujarnya pada saat penutupan kegiatan peresmian dan serah terima Rumah Pemasaran UMKM Eceng Gondok Waduk Rawa Pening. (RO/Z-1)

Sumber Link