Viral Sarjana UI Kalah Saing dengan Lulusan STM

Viral sarjana lulusan Universitas Indonesia (UI) kalah saing dengan lulusan STM. Jagat maya dihebohkan dengan curhatan lulusan sarjana UI yang kecewa karena kalah bersaing dengan lulusan STM untuk masuk di perusahaan produsen alat sistem pertahanan matra laut, PT PAL Indonesia (Persero).

Tak hanya itu, pemegang Ijazah STM tersebut pun bahkan berhasil menggeser 15 pelamar lain yang juga merupakan pemegang ijazah sarjana (S1).

Menanggapi hal tersebut, Pengusaha sekaligus Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Diana Dewi menjelaskan, hal itu lantaran lulusan perguruan tinggi meminta standar gaji tinggi (di atas Upah Minimum Provinsi/UMP) sedangkan lulusan STM siap terima gaji sesuai UMP.

Selain itu, keunggulan dari lulusan STM, mau di latih atau training sesuai kebutuhan perusahaan sementara lulusan perguruan tinggi berpegang pada ilmu kemampuan yang miliki.

“Teman teman STM sekarang ini itu kalau kita bilang dia bisa siap bekerja tetapi gajinya tidak terlalu tinggi akhirnya mereka dilatih itu mau, ditraining di perusahaan-perusahaan. Sementara lulusan perguruan tinggi itu banyak yang menyebut inflasi. Jadi mereka sudah punya standar karena sebagai lulusan perguruan tinggi, minta gajinya pasti kan beda,” ujar Diana saat ditemui MNC Portal di The Sultan Hotel, Jakarta, Rabu (31/5/2023).

Sumber: Oke Zone

Bagikan