Tidak Menabung, 2 Metode Ini Lebih Efektif untuk Membuat Anda Jadi Kaya

Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa menabung adalah langkah awal menuju kekayaan. Banyak orang meyakini bahwa untuk menjadi kaya, kita harus rajin menabung. Namun, miliarder Barbara Corcoran dan Grant Cardone tidak sependapat dengan pandangan tersebut.

“Saya tidak percaya pada menabung uang. Saya tidak pernah menabung sepeser pun sepanjang hidup saya,” kata Corcoran, seorang pengusaha properti dan bintang acara ABC ‘Shark Tank,’ seperti yang dilansir oleh CNBC Make It.

Dalam pandangan yang sama, CEO Cardone Capital dan penulis buku The 10X Rule, Cardone mengatakan bahwa menabung tidak akan membuat seseorang menjadi kaya. “Menabung, menabung, menabung tidak akan membawa kekayaan pada diri Anda,” katanya.

Lalu, bagaimana cara membangun kekayaan? Berikut adalah 2 metode yang diterapkan oleh Corcoran dan Cardone untuk mencapai kekayaan.

PERPUTARAN UANG

Anda dapat memandang menyimpan uang sebagai parkirannya dan meninggalkannya hingga dibutuhkan. Namun, baik Corcoran maupun Cardone menyatakan bahwa Anda perlu terus menggerakkan uang Anda jika ingin membangun kekayaan yang nyata.

“Kekayaan sejati dicapai melalui investasi. Investasikanlah pada hal-hal yang menghasilkan arus kas,” kata Cardone kepada pengikutnya dalam sebuah video yang diunggah di Twitter.

Investasi dapat menjadi hal yang menakutkan karena adanya risiko kehilangan uang. Namun, Cardone mengatakan bahwa rasa takut tersebut dapat menghambat peningkatan kekayaan bersih. Alih-alih menyimpan uang Anda dan terlalu takut untuk mengeluarkannya, ia mengatakan Anda harus menginvestasikannya pada aset yang dapat menghasilkan pendapatan lebih banyak bagi Anda.

“Uang bukanlah raja; sebaliknya, arus kas adalah raja,” tulis Cardone pada tahun 2018.

Investasi pada diri sendiri atau bisnis Anda untuk meningkatkan pendapatan merupakan cara yang baik untuk memulai. Dia juga merekomendasikan untuk berinvestasi dalam aset seperti properti yang menghasilkan arus kas.

Corcoran juga berpendapat bahwa menghabiskan uang dengan tepat, seperti berinvestasi pada perusahaan rintisan dan properti, telah membuatnya menjadi lebih kaya dan lebih bahagia.

“Saya percaya bahwa uang menghasilkan uang. Jika Anda bersedia untuk berbagi dan menginvestasikannya, hal itu akan berhasil, setidaknya berhasil bagi saya. Saya sungguh-sungguh percaya bahwa jika Anda menghabiskan uang, uang tersebut akan kembali kepada Anda,” katanya.

JANGAN TAKUT BANGKRUT

Baik Corcoran maupun Cardone tidak mencapai posisi saat ini dengan takut akan konsekuensi terburuk. Sebenarnya, Corcoran mengatakan bahwa dia hampir bangkrut untuk kelima kalinya tepat sebelum dia memikirkan ide yang akhirnya menghasilkan pendapatan sebesar 1 juta dolar dalam satu hari.

Dia mengaitkan kepercayaan dirinya dengan ibunya, yang mengajarkannya untuk tidak khawatir tentang uang. “Hanya membuang-buang waktu,” katanya.

Di sisi lain, Cardone mengatakan bahwa orang tuanya takut untuk berinvestasi karena takut kehilangan uang. “Mereka tidak mengambil uang mereka dan mengubahnya menjadi investasi karena takut kehilangan uang mereka,” katanya.

Hal tersebut bisa dimengerti, mengingat banyak orang yang kehilangan uang karena investasi yang buruk. Namun, pasar saham secara historis pulih dari setiap penurunan besar, sehingga jika Anda berinvestasi dalam jangka panjang, kemungkinan besar Anda akan melihat pertumbuhan pada investasi Anda.

Salah satu cara cerdas dan populer untuk memulai adalah dengan berinvestasi dalam dana indeks dengan biaya rendah. Jenis investasi ini mengikuti indeks seperti S&P 500 atau Vanguard 500, dan biasanya memiliki biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan dana yang dikelola secara aktif. Ini adalah cara yang murah dan efisien untuk memiliki portofolio yang terdiversifikasi tanpa risiko sebanyak saat memilih saham individual.

Bagikan