Penjualan Sirion dari Daihatsu Tetap Tahan Tanding di Segmen City Car

TAKARANEWS – Meskipun bersaing ketat dengan merek lain seperti Brio dan Agya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meyakini bahwa penjualan Sirion masih mampu bertahan di segmen city car. Meskipun angka penjualannya tertinggal jauh dari merek-merek pesaing, perusahaan tetap optimis dengan performa Sirion.

Data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan bahwa total penjualan di segmen city car mencapai 10.447 unit sepanjang semester I/2023. Namun, penjualan Sirion hanya mencatatkan angka yang paling minim, yaitu 440 unit terjual selama paruh pertama 2023.

Sementara itu, Honda Brio masih memimpin segmen city car dengan penjualan mencapai 4.617 unit pada semester I/2023. Diikuti oleh merek Suzuki dengan penjualan dari S-Presso dan Ignis GX MT mencapai 2.372 unit.

Selanjutnya, Wuling Air EV mencatat penjualan sebanyak 1.654 unit, dan Toyota Agya dengan angka penjualan 1.364 unit selama enam bulan pertama 2023.

Kepala Divisi Marketing & Customer Relations PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, menilai penjualan Sirion masih cukup bertahan dengan kondisi yang baik sesuai segmennya.

“Kami nilai masih cukup bisa bertahan dengan kondisi yang cukup baik sesuai segmennya,” ujar Hendrayadi kepada Bisnis pada Selasa, 1 Agustus 2023.

Dia juga mengakui bahwa saat ini segmen city car tengah dihadapkan dengan persaingan ketat dari berbagai pemain dan model baru dari pesaing lainnya. Meski demikian, dia percaya Daihatsu Sirion sebagai satu-satunya produk Completely Built-Up (CBU) di segmen city car masih mampu bertahan dari tekanan tersebut.

Dalam upaya meningkatkan penjualan, Astra Daihatsu berencana untuk menawarkan paket kredit menarik dan terjangkau melalui kerja sama dengan Astra Daihatsu Value Chain yang mencakup leasing, asuransi, dan layanan trade-in.

“Mengingat lebih dari 75 persen pembelian menggunakan skema kredit,” tambahnya.

Dengan pandangan optimis Astra Daihatsu dan rencana strategis yang telah ditetapkan, perusahaan bertujuan untuk menjaga posisi Sirion di segmen city car dan menyediakan opsi menarik bagi pelanggan untuk membeli mobil kota yang handal dan tangguh ini.

Bagikan