PS5 Pro: Tanggal rilis, rumor dan harga

Artikel asli: Pada 15 November 2013, Sony meluncurkan PlayStation 4. Tiga tahun kemudian, hampir sehari, Sony meluncurkan versi yang ditingkatkan yang dikenal sebagai PlayStation 4 Pro. Sementara itu, PlayStation 5 diluncurkan pada 12 November 2020. Jika Anda menghitungnya, berarti pada November tahun ini, sudah tiga tahun sejak kami melihat peluncuran konsol PS5. Apakah itu berarti kita dapat mengharapkan Sony PS5 Pro segera diluncurkan?

PS4 Pro hanyalah sedikit iterasi dari PS4. Itu menggunakan pengontrol yang sama, memainkan game yang sama, dan memiliki semua fitur yang sama. Alasan utamanya adalah untuk memungkinkan gameplay yang lebih halus, dukungan 4K di berbagai game, dan beberapa peningkatan kualitas hidup lainnya. Jika ada PlayStation 5 Pro, apa yang ditawarkannya?

Dalam artikel ini, kami telah mengumpulkan semua rumor kredibel yang sejauh ini kami lihat terkait dengan PS5 Pro. Kami juga telah menyusun daftar fitur yang ingin kami lihat, meskipun kami belum melihat buktinya.

Akankah ada PS5 Pro?

Sama seperti Nintendo Switch Pro yang mistis, Sony belum mengonfirmasi PS5 Pro sedang dalam perjalanan atau bahkan sedang dikerjakan. Percaya atau tidak, Sony meluncurkan versi “Pro” dari konsol game rumahnya hanya terjadi sekali. PlayStation asli, PlayStation 2, dan PlayStation 3 tidak pernah melihat model level Pro. Itu berarti kami banyak mengandalkan keberadaan PlayStation 4 Pro dengan asumsi kami bahwa mungkin ada PlayStation 5 Pro.

Meski begitu, ada banyak bukti yang mendukung PS5 Pro kemungkinan besar akan terjadi. CEO dari Take-Two Interactive – studio di belakang franchise Grand Theft Auto – mencatat dengan mengatakan bahwa menurutnya PS5 Pro akan terjadi. Sementara itu, leaker Tom Henderson berkata, “dengan tingkat kepastian 100%,” bahwa PlayStation 5 Pro “sedang dalam pengembangan.” Ketika pembocor dan CEO industri game sepakat, tampaknya sudah pasti bahwa kita akan segera melihat Sony PlayStation 5 Pro.

Namun, baru-baru ini, kami telah melihat nama kode perangkat yang seharusnya bocor: “Trinity”. Ini, tanpa diragukan lagi, mengacu pada seri film The Matrix. Sebelumnya, Sony telah menggunakan codename bertema Matrix, seperti untuk PlayStation 4 Pro (“Neo”) dan PlayStation VR (“Morpheus”).

Tanggal rilis PS5 Pro?

Karena Sony belum mengonfirmasi keberadaan PS5 Pro, kami tidak dapat mengatakan dengan pasti kapan akan dirilis. Berdasarkan siklus peluncuran seri PlayStation 4, kami berasumsi bahwa kami akan melihatnya tahun ini di bulan November. Peluncuran awal November 2023 akan memungkinkan Sony memanfaatkan musim belanja liburan yang menguntungkan. Juga, November adalah saat Sony meluncurkan sebagian besar konsol terbarunya.

Namun, banyak rumor yang mengatakan bahwa kita mungkin perlu menunggu hingga 2024 untuk melihat PS5 Pro. Seorang pembocor, dalam tweet yang telah dihapus, mengatakan bahwa PS5 Pro dan Nintendo Switch generasi kedua kemungkinan akan diluncurkan pada waktu yang bersamaan. Nintendo telah mengonfirmasi bahwa mereka tidak akan meluncurkan perangkat keras Switch baru pada tahun 2023, yang berarti peluncuran pada tahun 2024 untuk konsol Sony dan Nintendo yang baru.

Demikian pula, Key To Gaming mengatakan memiliki info internal yang menyarankan kit demo untuk pengembang hanya akan dirilis secara penuh pada November tahun ini. Jika itu benar, maka rilis perangkat pasti tidak akan terjadi pada tahun 2023.

Mungkin juga PS5 Slim sedang dalam pengerjaan. Jika ya, kita hampir pasti akan melihatnya sebelum kita melihat PS5 Pro, karena itulah urutan Sony meluncurkan seri PS4.

Singkatnya, kami berharap PlayStation 5 Pro diluncurkan pada musim gugur 2024. Bisa jadi lebih awal, tapi itu tidak mungkin.

Fitur dan spesifikasi apa yang akan dimiliki PS5 Pro?

Seperti disebutkan sebelumnya, fitur utama dari PlayStation 4 Pro adalah dukungan 4K. Seperti yang ada saat ini, PlayStation 5 sudah mendukung 4K pada banyak pilihan judul. Secara teknis, bahkan mendukung 8K. Namun, dukungan 8K terbatas hanya pada satu game — dan ini bukan game yang sangat populer. Ada kemungkinan PlayStation 5 Pro dapat mendukung 8K secara native pada lebih banyak judul atau bahkan peningkatan 8K pada game yang tidak memiliki resolusi tersebut secara native.

Ini akan memerlukan peningkatan dalam perangkat keras. PS5 berjalan pada prosesor khusus berdasarkan build AMD Zen 2 yang dikombinasikan dengan GPU RDNA 2 khusus. Satu teori, yang berasal dari RedGamingTech di YouTube, adalah bahwa PlayStation baru dapat memiliki APU Ryzen baru, yang juga akan disesuaikan secara signifikan.

Peningkatan perangkat keras seperti ini dapat membuat Sony PlayStation 5 Pro mampu memberikan kecepatan refresh yang lebih mulus dan pemrosesan grafis yang lebih baik. Banyak game PlayStation memberi Anda opsi untuk memprioritaskan grafik atau kinerja. Ada kemungkinan Sony dapat lebih condong ke hal ini, dengan PS5 Pro yang mampu memainkan gameplay 120fps yang kokoh pada resolusi yang lebih tinggi atau grafik 4K yang kokoh dengan kecepatan refresh variabel.

Hal lain yang bisa melihat peningkatan adalah ray tracing. PlayStation 5 mendukung ray tracing, tetapi membutuhkan sistem untuk bekerja cukup keras dan memerlukan beberapa kompromi kinerja. Model level Pro secara teoritis dapat mendukung ray tracing dengan lebih efisien dan pada lebih banyak judul.

Namun, hal penting yang harus diingat adalah ini bukan PS6. PS5 Pro akan menjadi iterasi yang lebih baik dari konsol saat ini, bukan lompatan maju yang liar. Hanya gamer yang paling menuntut yang merasa perlu untuk meningkatkan dari PlayStation 5, tetapi itu bisa menjadi dorongan yang dibutuhkan oleh orang yang masih menggunakan PS4.

Berapa harga PS5 Pro?

PlayStation 5 memiliki dua versi: model tanpa cakram seharga $399 dan varian berbasis cakram seharga $499. Orang akan berasumsi bahwa model Pro-level harus lebih mahal daripada keduanya. Namun, mungkin bukan itu masalahnya.

Untuk konteksnya, PlayStation 4 berharga $399 saat diluncurkan pada 2013. Pada September 2016, PlayStation 4 Slim mendarat, dan harganya hanya $299. Pada November 2016, PlayStation 4 Pro diluncurkan dengan harga $399. Oleh karena itu, ada preseden bahwa Sony dapat menurunkan harga PlayStation 5 reguler dan meluncurkan model Pro dengan harga $399 atau $499 yang kita lihat sekarang. Bahkan mungkin kita akan melihat model “Slim” dari PlayStation 5 mendarat sesaat sebelum model Pro, jika Sony tetap berpegang pada strategi generasi terakhirnya.

Either way, kami berharap PlayStation 5 Pro tidak berharga lebih dari $500. Terakhir kali Sony melampaui tanda itu dengan PlayStation 3 60GB yang ditingkatkan, itu tidak diterima dengan baik, untuk sedikitnya. Dengan tingkat inflasi yang melonjak, kita bisa melihatnya mencapai ~$550, tetapi semoga itu tidak terjadi.

sumber:androidauthority

Bagikan