Review Street Fighter 6

Street Fighter 6 adalah salah satu paket game pertarungan terbaik yang pernah saya temui. Benar-benar penuh sesak dengan hal-hal yang harus dilakukan langsung dari gerbang. Capcom telah menghadirkan beragam koleksi mode permainan, gaya bertarung, dan peluang untuk ekspresi pribadi yang berfungsi untuk mencerminkan beragam basis penggemar yang telah berkumpul di sekitar waralaba ini selama 35 tahun terakhir, dan menepis ketakutan bahwa studio akan mengulangi kesalahan masa lalunya.

Untuk pengalaman pertempuran inti yang luar biasa, Street Fighter 5 diluncurkan dalam keadaan seperti itu pada tahun 2016 sehingga tidak pernah dapat sepenuhnya menghilangkan reputasi sebagai paket barebones. Bahkan setelah bertahun-tahun pembaruan dan perluasan yang signifikan, masih ada bau negatif di sekitarnya – kegagalan untuk meninggalkan kesan pertama yang baik pada akhirnya menentukan warisan abadi. Capcom jelas sangat ingin menghindari kerusakan reputasi seperti itu kali ini, dengan Street Fighter 6 hadir dengan tiga mode game terpisah berfitur lengkap yang saling melengkapi satu sama lain – Battle Hub, Fighting Ground, dan mode Tur Dunia yang berfokus pada pemain tunggal.

Tour World tidak seperti apa pun yang pernah saya lihat sebelumnya dalam game pertarungan, dengan perbandingan terdekat adalah sesuatu yang mirip dengan Yakuza-lite. Anda dapat membuat karakter khusus dan kemudian memotong peta hub berdasarkan Kota Metro legendaris Final Fight. Dari sana, Anda bebas masuk ke memo, menyelesaikan pencarian, meningkatkan statistik seperti hasil kerusakan dan pertahanan, dan maju melalui cerita yang relatif mandiri. Ryu, misalnya, dengan senang hati bersembunyi di Jepang mencoba mencari cara menggunakan ponsel dan Chun-Li sedang mengajar kung fu di distrik Pecinan Kota Metro. Mereka telah mengalahkan M. Bison, menghancurkan organisasi Shadaloo, menyelamatkan hari itu, dan posisi mereka dalam pengetahuan Street Fighter yang lebih besar sudah berakhir. Mereka cukup banyak pensiun.

Meskipun tidak menampilkan semua yang menonjol dalam alur cerita Tur Dunia, ada beberapa pengembangan karakter yang lucu saat Anda memperdalam hubungan Anda dengan masing-masing master – dicapai dengan menggunakan gerakan mereka dalam pertempuran, mengalahkan musuh yang menggunakan gaya bertarung tertentu, menyelesaikan permintaan, dan , lucunya, dengan membelikan mereka hadiah. Siapa pun yang mencari petualangan berkelanjutan dari Ryu dan teman-temannya akan sangat menginginkannya, dengan World Tour seringkali merasakan pengalaman pemain tunggal Street Fighter yang kurang dan lebih seperti sekuel RPG dari Final Fight.

Mengesampingkan cerita yang agak dangkal, kemudian, kecemerlangan sebenarnya dari Tur Dunia terletak pada keragamannya. Kemampuan untuk mencampur dan mencocokkan gerakan khusus dari seluruh daftar dengan gaya bertarung dasar karakter sangat menyenangkan. Bayangkan memiliki jarak normal Dhalsim dan kemampuan untuk berteleportasi, pengambilan perintah Manon dan kemampuan menumpuk kerusakan, bola api Luke yang sangat cepat, pukulan naga multi-hitting Ken, headbutt sumo E. Honda yang dapat meledak melalui proyektil, dan sesuatu seperti bom Kimberly untuk membuat jebakan licik situasi. Tur Dunia memungkinkan Anda menyatukan karakter yang sengaja dirusak dan tidak dapat disangkal menyenangkan – tidak hanya untuk menemukan jalur kombo baru, tetapi untuk lebih memahami bagaimana setiap petarung inti dalam daftar telah dibuat dan diseimbangkan.

Tur Dunia juga berhasil sebagai tutorial bijaksana untuk sistem pertarungan web Street Fighter 6. Beberapa misi mungkin mengharuskan Anda untuk menang dengan menggunakan elemen sistem Drive baru, sementara minigame ‘Karate’ mengharuskan Anda menahan arah tertentu untuk mengisi serangan, sebelum memukul arah berlawanan dan tombol serang untuk memotong barisan botol. atau balok beton – pengantar cerdas tentang dasar-dasar yang diperlukan untuk memainkan karakter ‘serangan’ seperti Guile. Jika Anda tidak suka duduk melalui halaman tutorial Street Fighter 6 yang sangat komprehensif, cukup menyelesaikan sebagian besar mode Tur Dunia akan memberi Anda dasar keterampilan yang baik untuk dikembangkan ketika Anda akhirnya terjun ke perairan online.

Sama menghiburnya dengan World Tour, ini adalah mode Fighting Grounds di mana Anda awalnya akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda dengan Street Fighter 6. Di sinilah Anda akan mempertajam keterampilan Anda, mengujinya melawan pemain lain secara offline, dan ambil bagian dalam aktivitas yang lebih tradisional – mode Arkade klasik, dan mode ‘pertempuran ekstrem’ baru yang memungkinkan Anda bertarung dengan pengubah yang membumbui pertemuan.

Sistem pelatihan yang ditawarkan sangat kuat. Terlepas dari apakah Anda seorang pemula hingga profesional berpengalaman, Street Fighter 6 menyediakan semua alat yang Anda perlukan untuk meningkat secara bertahap. Semua hal biasa ada di sini, seperti input dan tampilan informasi serangan, tetapi ada juga indikator visual yang sangat baik dari data bingkai untuk Anda dan lawan yang dengan jelas memberi pesan siapa yang memiliki keunggulan. Ada beberapa situasi pelatihan ‘dasar’ yang sangat cerdas juga; memilih ‘whiff punishment’, ‘anti air’ atau mode latihan lainnya dari menu secara otomatis mengonfigurasi pertemuan yang sesuai. Dengan meniadakan kebutuhan untuk menyiapkan beberapa elemen berbeda dalam menu pelatihan agar boneka berperilaku dengan cara tertentu, Street Fighter 6 menghilangkan banyak gesekan dari siklus peningkatan bertahap.

Gabungkan ini dengan panduan karakter, langkah-langkah interaktif dari setiap gerakan khusus karakter, dan strategi umum dalam pertempuran dan uji coba kombo, dan Anda akan menemukan bahwa Street Fighter 6 bekerja keras untuk mengajari Anda segalanya mulai dari yang penting hingga yang sangat dibuat-buat dan kombo teknis. Ini adalah salah satu tutorial game pertarungan terbaik yang pernah saya alami, dan yang menunjukkan komitmen Capcom untuk menarik basis pemain baru bersama tangan berpengalaman yang kembali untuk putaran berikutnya.

Saat Anda lelah berlatih, Anda selalu dapat bersenang-senang melalui mode Arcade, bertarung dengan karakter AI yang dibukukan oleh karya seni dan sulih suara yang menyempurnakan tindakan petarung pilihan Anda di sekitar acara Street Fighter 6. Di sinilah sebenarnya tempat paling dari elemen cerita Street Fighter yang sebenarnya ditemukan, jadi jika Anda ingin mencari tahu siapa bos terakhir baru JP, dan di mana dia cocok dengan semua ini, lebih baik Anda menembak melalui tangga mode arcade-nya daripada duduk di Dunia Modus tur.

Setelah Anda membiasakan diri dengan dasar-dasarnya, itu adalah Battle Hub tempat sebagian besar waktu Anda akan dihabiskan. Ini adalah arcade online besar yang penuh dengan lemari tempat Anda dapat melangkah sebagai avatar mode Tur Dunia Anda, duduk dan memainkan beberapa game Street Fighter 6, melompat ke beberapa game klasik Capcom seperti Strider dan Ghosts n ‘Goblins, dan membeli dalam game barang kosmetik.

Entah bagaimana, mode online ini telah berhasil menumbuhkan semacam komunitas yang aneh, dengan para pemain dari seluruh dunia berkumpul untuk memamerkan keburukan karakter mereka yang mengerikan atau berkumpul di sekitar kabinet untuk menyaksikan dua pemain top melakukannya. Mudah-mudahan, para pemain papan atas dari Capcom Pro Tour akan tetap muncul di Battle Hub dari waktu ke waktu, daripada hanya duduk dalam perjodohan peringkat. Perjodohan online, meskipun hanya ada sedikit lawan selama periode peninjauan, hampir sepenuhnya tanpa cacat. Tidak diragukan lagi beberapa netcode terbaik yang terlihat di game pertarungan mana pun.

Mode World Tour, Fighting Grounds, dan Battle Hub masing-masing memiliki identitas yang sangat jelas, tetapi mereka saling melengkapi dengan luar biasa – hasilnya adalah paket perasaan lengkap yang tidak hanya memposisikan Street Fighter 6 sebagai pengalaman yang dapat menarik dalam berbagai pemain, tetapi yang bekerja dengan cerdas untuk mendorong Anda keluar dari zona nyaman Anda. Apa yang Anda pelajari di Fighting Grounds akan menempatkan Anda pada posisi yang lebih baik untuk menghadapi pemain lain.

Layar besar di Beat Square (setara dengan Times Square Metro City) menunjukkan hal-hal yang terjadi di Battle Hub, mendorong Anda untuk melihatnya. Dan Unlocks yang diperoleh di Tur Dunia dapat dibawa ke Battle Hub, tempat Anda mulai menantang avatar lain untuk bertarung. Dengan Street Fighter 5, ini adalah kasus untuk online atau hanya ada sedikit untuk Anda, tetapi dengan Street Fighter 6, Capcom mendorong Anda untuk mengambil langkah pertama ke pertarungan kompetitif dengan cara yang jauh lebih menarik dan meyakinkan.

Secara alami, komponen terpenting dari setiap game pertarungan adalah sistem unik yang memberikan cita rasa tersendiri. Street Fighter 3 memiliki parries-nya, Street Fighter 5 memiliki V-System, dan Street Fighter 6 memiliki Drive System – dan ini mungkin merupakan perkembangan paling menarik dalam sejarah seri ini. Itu semua diatur oleh satu meteran – Pengukur Penggerak – dan dengan membelanjakan sejumlah ini, Anda dapat melakukan beberapa tindakan berbeda.

Ada Pembalikan Drive, yang bertindak hampir identik dengan V-Reversal di Street Fighter 5. Dilakukan dengan menekan kedua tombol serangan berat sambil memblokir, pada dasarnya bertindak sebagai gerakan ‘lepaskan aku’ dan menjatuhkan lawan, untuk sementara mengurangi tekanan apa pun yang mereka berikan. mungkin memasang pada Anda. Drive Rush adalah serangan tiba-tiba ke depan, memungkinkan Anda untuk melanjutkan kombo yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan, atau sekadar mencoba membuat lawan Anda lengah.

Gerakan yang dilakukan setelah Drive Rush memiliki data kerangka yang sedikit lebih baik – nomor latar belakang di balik game pertarungan apa pun yang menentukan kekuatan dan kelemahan serangan – yang berarti bahwa dua gerakan yang sebelumnya tidak terhubung bersama dalam kombo akan menjadi jika Anda melakukannya setelah Drive Terburu-buru, membuka lebih banyak kemungkinan jalur dan kemungkinan kombo. Hal ini juga dapat dilakukan dari bagian lain dari Sistem Drive, Drive Parry, yang bertindak tidak hanya sebagai cara menangkis serangan lawan tetapi juga sebagai sarana untuk memulihkan Drive Gauge Anda. Menahan kedua tombol serangan sedang membuat Anda dalam keadaan menangkis, di mana Anda akan secara otomatis menangkis semua serangan yang masuk, meskipun Anda akan sangat rentan untuk ditangkap. Memukul kedua serangan sedang saat serangan mendarat menyebabkan Parry Sempurna, yang sebenarnya memungkinkan Anda untuk membalas dengan serangan Anda sendiri. Waktunya sangat tepat, jadi ini berisiko besar tetapi untuk bonus yang lumayan.

Salah satu penggunaan yang paling efektif secara instan adalah Drive Impact – serangan lapis baja besar yang akan meledak melalui tiga pukulan masuk untuk memberikan pukulan telak, membuat lawan Anda benar-benar rentan. Ini sangat menakutkan karena meskipun Anda memblokir Drive Impact, Anda akan terdorong ke belakang secara substansial, dan jika Anda menekan tepi layar dari pushback ini, Anda akan terkena stun secara otomatis. Ada banyak permainan pikiran di sekitar teknik ini – mengetahui kapan menggunakannya untuk menangkap lawan Anda dan tidak hanya membuangnya dengan liar atau dapat diprediksi akan menjadi bagian penting dari apa yang membuat pemain top – karena mudah untuk dilawan hanya dengan melakukan Drive Impact Anda sendiri pada reaksi. Terakhir, Anda dapat menghabiskan sebagian dari meteran ini untuk melakukan versi ‘Overdrive’ dari gerakan spesial Anda, sama seperti gerakan EX di sebagian besar game Street Fighter lainnya, versi OD ini memiliki kekuatan, kecepatan, dan properti yang sedikit berbeda.

Aspek paling radikal dari sistem ini adalah Anda memulai setiap putaran dengan Drive Gauge penuh. Secara tradisional, dalam game pertarungan, Anda membangun meteran ini selama pertandingan dan dapat menggunakannya untuk meningkatkan gerakan khusus, gerakan super, dan cara lain untuk mengubah gelombang pertempuran sesuai keinginan Anda. Meteran biasanya merupakan bagian dari, atau sangat terkait dengan ‘mekanik comeback’ game – sesuatu yang dapat Anda gunakan untuk mengayunkan momentum pertarungan secara drastis. Di sini, bukan itu masalahnya. Semua bagian dari Sistem Penggerak tersedia untuk kedua pemain dari kata FIGHT, sehingga gim ini membuat Anda berdaya dan terisi penuh, mampu mengeluarkan barang-barang terbaik Anda di awal putaran, daripada memberikannya kepada Anda tepat pada waktunya. untuk mencuri satu dari lawan. Anda tidak membangun sebuah kesimpulan tetapi memiliki semua alat untuk membangun strategi. Ini benar-benar bertentangan dengan bagaimana tidak hanya Street Fighter, tetapi sebagian besar game pertarungan, cenderung berfungsi dan merupakan bagian utama dari apa yang membuat Street Fighter 6 terasa begitu segar.

sumber: gamesradar

Bagikan